ARPANET

Jaringan komputer yang pertama adalah ARPANET. Jaringan komputer arpanet diciptakan akhir tahun 1960-an oleh para ahlidan peneliti yang bekerja pada proyek Advance Research Projects Associaton dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Dengan adanya jaringan komputer ini, maka para peneliti tersebut bisa bertukar informasi dengan lebih cepat dan efesien. Didalam network ini terdapat berbagai jenis super komputer, mainframe, dan komputer mini dengan berbagai sistem operasi tersebar di seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Jaringan komputer Arpanet ini menggunakan protokol TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol ). TCP/IP adalah salah satu protokol yang terkenal dan fleksibel didalam jaringan komputer berbasis UNIX.

Arpanet mempunyai 3 aplikasi utama yakni FTP, SMTP, dan TELNET

FTP ( File Transfer Protocol ), yang digunakan untuk mengambil dan mengirim file dari mesin – mesin lain di dalam jaringan. SMTP ( Simple Mail Transfer Protocol ), digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik dari jaringan lain ( jaringan komputer ini hampir terdapat di seluruh dunia ). TELNET adalah aplikasi Remote Login yaitu kemampuan dari Telnet untuk membuat sambungan dari mesin pemakai ke mesin tujuan ( pemakai harus memberi memberi alamat dari mesin yang dituju ).

 

 

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s