Sejarah dan Fakta tentang Linux

Linus TorvaldsLinus Torvalds

Sewaktu kuliah, Linus Torvalds menulis kernel Linux. Anehnya, Torvalds menganggapnya sebagai Hobi. Versi pertama kernelnya dikeluarkan pada bulan September 1991. Berikutnya, beribu-ribu penulis program sukarelawan seluruh dunia telah menyertai projek ini. Sejarah sistem pengoperasian berbasiskan Linux berkaitan arat dengan projek GNU, projek program bebas terkenal yang diketuai oleh Richard Stallman.

Projek GNU bermula pada 1983 untuk membuat sistem pengoperasian seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembangunan dan seterusnya— dikarang sepenuhnya dengan GNU. Pada 1991, apabila versi pertama kerangka Linux ditulis, GNU project telah menghasilkan hampir ke semua komponen sistem ini — kecuali kernel. :P

Torvalds dan pembangun kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem Pengoperasian yang cukup berfungsi. Oleh itu, Linux melengkapkan ruang terakhir dalam rancangan GNU.Walaupun kernel Linux dilisensikan di bawah GNU General Public License, ia bukannya sebesar dari projek GNU. Tux, seekor Penguin, merupakan logo dan maskot bagi Linux. :D

Dan bagi yang menganggap Linux itu susah dan Windows itu hebat, baca fakta-fakta berikut tentang Ubuntu, salah satu distro linux yang terkenal :

  1. Tidak ada Virus
    Ya, benar! Karena, Linux tidak mengenal file-file aplikasi windows, begitu pula sebaliknya. Jadi kemungkinan terkena virus di Linux adalah 0%. Untuk file script virus yang dapat dijalankan linux, seperti .py dan .sh (seperti .bat), sangat kecil kemungkinan menyerang.
  2. Open Source
    Tidak seperti Windows, distribusi Linux adalah open source dan dapat diedit dan diubah sesuai kebutuhan kita. Kita menyebut editan itu sebagai Distro.
  3. Jadi Pintar
    Kalau pakai Windows kita hanya bisa belajar cara install dan memakai program. Di Linux tidak hanya lewat installer, bisa juga belajar dengan menggunakan Terminal (seperti CMD).  Jadi kalau tiba-tiba tidak bisa memakai GUI, Anda tetap dapat mengakses komputer Anda dan memperbaikinya jika perlu.
  4. Free Software
    Setiap aplikasi dan software di Linux itu gratis dan open source. Anda tidak perlu khawatir soal lisensi dan selalu ada aplikasi dan software alternatif di Linux yang lebih baik dan gratis daripada aplikasi di Windows.
  5. Mudah Digunakan
    Hal ini mungkin agak mengejutkan walaupun ini benar.  Linux Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang user-friendly dan mudah untuk digunakan bahkan mengalahkan Windows XP dan Vista soal kemudahan pemakaian dan usability.
  6. Ada Bantuan Komunitas Ubuntu
    Ubuntu mempunyai komunitas yang sangat aktif untuk mendukung dan membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda dan solusi untuk masalah-masalah Anda dalam hitungan menit..
  7. Desktop Effects
    Bagi yang menggangap Aero di Windows Vista itu cantik, tunggu sampai Anda memcoba Compiz di Ubuntu yang menampilkan 3D desktop effects yang lebih cantik tapi tidak memakan resource komputer. Berbeda dengan Aero windows.
  8. Kemudahan Upgrade
    Anda dapat mengupgrade Linux Ubuntu melalui package manager dan semua aplikasi dapat diinstall/update dengan mudah. Tidak dibutuhkan Google untuk mencari freeware karena package manager atau software center akan membantu Anda mencarinya.
  9. Mudah Customize
    Jika Anda suka utak-atik sistem operasi komputer Anda tanpa harus obok-obok jutaan registry atau hacking maka Ubuntu adalah pilihan terbaik.
  10. Experience Live
    CD Linux Ubuntu telah terisi dengan sistem operasi yang Anda bisa jalankan tanpa perlu install ke komputer.  Cukup pasang itu CD lalu reboot maka Anda sudah bisa memcoba Ubuntu di komputer manapun di dunia ini tanpa perlu menginstallnya dulu.
  11. Tanpa bajakan!
     85% dari orang Indonesia memakai Windows bajakan. Sedangkan linux tidak perlu dibajak karena sudah gratis. :lol: Lagian ngapa sih harus bajak Windows kalau katanya cinta produk Indonesia? Sudah banyak distro Linux buatan Indonesia!

Yups, terimakasih sudah membaca posting ini. Semoga pengguna Linux semakin banyak dan tidak kalah dengan pengguna Windows! Banyak pembenci Linux yang menganggap penggunanya sombong, kere, dan newbie. Tapi apa bukti mereka? Saat disuruh ngetik suatu command di terminal, para pengejek Linux itu nggak bisa. Tetapi nyatanya pengguna linux bisa mengetik command di CMD windows walau perintahnya sedikit berbeda.

Salam Open Source!

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s