Memahami Debian

Dari distribusi Linux yang tersedia, salah satu yang paling disukai adalah Debian. Meskipun distro lain yang sebagian besar komersial, perubahan Debian tetap. Setiap bagian dari perangkat lunak itu bagian dari distribusi Debian adalah sebebas anda bisa mendapatkan. Debian tidak berisi perangkat lunak komersial.

Meskipun Anda mungkin melihat ini untuk memastikan bahwa benar-benar gratis Debian sebagai sedikit ekstrem, masuk akal dalam jangka panjang. Ada kemungkinan bahwa beberapa vendor Linux mungkin akan menutup toko, mengubah arah bisnis mereka atau menyesuaikan praktek mereka dalam beberapa cara lain. Dengan demikian, distribusi yang Anda gunakan saat ini tidak mungkin bertahan sekitar 10 tahun.

Ini tidak terjadi dengan Debian. Proyek Debian adalah sepenuhnya sukarela-dijalankan dan tidak berusaha untuk menghasilkan keuntungan. Hal ini pada dasarnya berarti, akan terus meningkatkan Debian, proyek akan selalu mengalami kemajuan, terlepas dari masalah ekonomi.

Artikel ini akan melihat pada Debian, apa yang dapat dilakukan dan panduan untuk menginstal.

Manfaat Debian

Selain manfaat jangka panjang yang baru saja kita bahas, ada juga sejumlah keuntungan teknis yang berbeda untuk menggunakan Debian, yang pertama adalah ketersediaan luas. Debian tersedia secara bebas dari Internet, dan CD. Tidak ada sign-up untuk melengkapi formulir, maupun proses yang berbelit-belit untuk mengikuti untuk mendapatkan perangkat lunak.

Dalam apt-get, para pengembang telah menciptakan suatu alat yang sangat kuat, ketika sebuah paket terinstal, secara otomatis akan memiliki Debian dan mengambil semua dependensi dan menginstal mereka dalam urutan yang benar. Jadi, dalam contoh sebelumnya, menginstal GIMP dengan perintah tunggal – tidak akan menemukan file download GIMP! Debian akan mengambil paket langsung dari server-nya.

Mendapatkan Debian

Seperti sebuah proyek berbasis masyarakat, Debian umumnya cukup mudah untuk mendapatkan. Ada berbagai metode instalasi yang tersedia, termasuk instalasi jaringan, CDROM, disket boot dan banyak lagi. Yang paling mudah ini adalah untuk membuat CD instalasi Debian Anda sendiri (atau membelinya dari vendor Linux).

Untuk membuat CD instalasi, pertama kita perlu untuk mendapatkan citra ISO. Ini file ISO yang tepat menggambarkan isi dari CD instalasi, sehingga dapat dibakar ke CDROM sebuah. Ada 7 ISO instalasi Debian di total, tetapi hanya yang pertama diperlukan untuk instalasi. Saya sarankan Anda hanya memperoleh ISO pertama, dan mengambil perangkat lunak yang diperlukan lainnya melalui Internet, dengan menggunakan apt-get. Untuk menemukan file ISO yang Anda butuhkan anda dapat lihat di web  Debian.org .

Proyek Debian akan memungkinkan Anda untuk men-download Image ISO dari mirror yang tercantum pada halaman tersebut, atau Anda dapat menggunakan aplikasi jigdo untuk lebih jelas menentukan bagaimana ISO Anda telah dipasang. Lihat web ini. Meskipun jigdo adalah solusi yang lebih baik, saya menyarankan agar pengguna baru Debian mendapatkan ISO normal, untuk memperlancar proses instalasi.

Setelah Anda menemukan citra ISO (s), Anda harus membakarnya ke CD. Hal ini dapat dilakukan pada Windows dengan pembakar CD yang paling sering dingunakan yaitu dengan Nero atau Ultra ISO , dengan memilih menu’s Burn CD Image Dari pilihan. Di Linux, Anda dapat membakar CD dengan menggunakan perintah berikut:

cdrecord fs=12m speed=4 isoname.iso

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s