5 Kesalahan Manajemen Waktu

5 Kesalahan Manajemen Waktuezuca.com

SERINGKALI kita merasa waktu seharian tidak cukup menyelesaikan berbagai aktivitas. Rencana banyak yang ingin dilaksanakan pun sulit diwujudkan. Hal ini pertanda Anda melakukan kesalahan dalam manajemen waktu yaitu:

Terlalu detail

Akibatnya rencana yang seharusnya simpel dan mudah terlihat rumit dan kompleks sehingga menjadi sulit dikendalikan. Gejala overdetail ini mendorong kita mencatat terlalu banyak hal, padahal bisa jadi tidak semuanya penting.

Jadwal berlebihan
Kebanyakan jadwal akhirnya malah menjadi penghambat efektivitas karena menuntut Anda melakukan banyak hal dalam waktu terbatas. Efek jangka panjangnya dapat menimbulkan stres dan membuat Anda merasa tak nyaman melakukan pekerjaan.

Rencana berlebihan
Apapun kegiatan yang Anda pilih yang terpenting adalah aksi. Jangan sampai Anda hanya sibuk membuat rencana tetapi tidak ada satu pun yang dilaksanakan. Jika ini sudah terjadi berarti Anda sudah overplanning atau rencana berlebihan. Menurut M.Christian dalam bukunya Time Management, Mengatur Waktu Itu Mudah, gejala overplanning adalah terlalu sibuk dengan berbagai rencana dan gagal mengeksekusi rencana yang dibuat. Kemudian menjadikan semua kegiatan sebagai obyek rencana.

Suka menunda
Tanpa kedisplinan dari dalam diri, manajemen waktu takkan berjalan efektif. Seringkali terjadi karena berbagai godaan misalnya menunda. Menunda pekerjaan berarti menunda diri sehari mencapai tujuan.

Kesalahan rencana
Bisa terjadi karena salah informasi yang tidak dikumpulkan dengan lengkap dan tepat. Padahal informasi akurat adalah kunci utama mencapai keberhasilan mengatur waktu. (*/OL-06)

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s