GandhiCon 4.x

Ghandi

Pencarian untuk kata “linux” telah tren menurun sejak awal tahun 2004, menurut Google. Pencarian pada pertengahan-2011 adalah sekitar seperempat dari apa yang mereka berada di awal tahun 2004. Di sisi lain, pencarian untuk “android” lebih dari dua kali lipat orang-orang untuk “linux” pada pertengahan 2011. Jadi, apa yang harus kita lakukan itu?

Android berbasis Linux, yang dibuat oleh Google untuk digunakan dalam smartphone dan perangkat mobile lainnya. Menurut Nielsen, Android pada bulan Maret 2011 adalah smartphone OS atas, dengan pangsa pasar 36%. Itu naik dari nol hanya beberapa tahun yang lalu. Apple iOS adalah # 2 dengan 33%, dan BlackBerryOS RIM berada di urutan ketiga dengan 23%. Tapi hanya Apple membuat perangkat berbasis iOS, dan hanya membuat RIM blackberry. Tidak ada batasan pada seberapa banyak perusahaan dapat membuat perangkat Android, yang hanya akan membuat pasar lebih luas.

Ada kelemahan dengan Android. Sejumlah pengembang telah mengatakan kepada saya lingkungan pengembangan Apple jauh lebih mudah untuk bekerja dengan, seperti yang memiliki perangkat target tunggal. Namun bahkan di “Bagaimana Apple Feed Tentara Its Makers App” (dalam edisi 8 Juni Bloomberg Businessweek), Peter Burrows menulis, “Apple tidak memonopoli perhatian pengembang ‘. Menurut sebuah survei oleh perusahaan riset pasar Evans Data, persentase pengembang menulis aplikasi untuk Android (43,5%) saja melewati pangsa bekerja di iOS (39,7%). ” (Dan ada fakta bahwa pengembangan masyarakat Android pada dasarnya adalah Google satu ini dapat berubah,. Tapi untuk saat ini Android adalah satu-perusahaan Linux distro.)

Tapi titik yang lebih besar memegang: penggunaan Linux hanya naik, bahkan sebagai pencarian untuk kata “linux” turun. Hei, sukses bisa mendapatkan membosankan.

Kita melihat hal yang sama terjadi dengan Apache. Netcraft.com telah menjaga statistik pada server Web sejak Agustus 1995, dan Apache telah menjadi anjing atas sejak awal tahun 1996. Sementara Microsoft Web server telah kompetitif untuk sebagian besar waktu itu, dan bahkan membuat beberapa berjalan melawan Apache, kecenderungan untuk Apache telah meningkat sejak awal tahun lalu. Hingga Juni 2011, Apache memiliki pangsa 64,88% dari pasar.

Daftar Netcraft tentang Paling Handal Situs Perusahaan Hosting untuk Mei tahun ini juga hampir menyapu bersih untuk open source juga, dan untuk Linux pada khususnya. Empat dari sepuluh adalah FreeBSD, Linux adalah lima dan satu F5 Big-IP. Dari 50 besar, lima adalah Windows, atas datang di # 18. Semua kecuali satu (“tidak diketahui”) sisanya adalah Linux dan FreeBSD. Selama bertahun-tahun, Windows setidaknya membuat menunjukkan di atas 10, tapi jelas air pasang yang telah berubah.

“Selamat datang di GandhiCon 4” adalah judul kolom saya dalam edisi Maret 2003 Journal of Linux. Ini dimainkan pada kutipan terkenal sering dikaitkan dengan Mohandas Gandhi: “. Pertama, mereka mengabaikan Anda, maka mereka tertawa pada Anda, maka mereka melawan Anda, maka Anda menang” Kemenangan itu kemudian berada di server. Sekarang Linux telah berhasil begitu lama, dalam berbagai jenis begitu banyak perangkat dan faktor bentuk, sehingga hampir tidak tampak seperti pertarungan lagi. Bahkan desktop, yang saya sering diprediksi (salah) bahwa Linux akan menang, akhirnya terlihat seperti itu mungkin dicapai.

Saat saya menulis ini, Apple baru saja mengumumkan iCloud-dan dalam proses, diturunkan statusnya komputer untuk remote terminal. Google tidak ada kehilangan dan semuanya untuk mendapatkan dengan memainkan game awan yang sama. Strategi untuk itu adalah Chromebooks, ditujukan langsung pada titik-titik nyeri untuk kedua pasar bisnis pendidikan dan perusahaan.

Chromebooks akan berjalan ChromeOS, yang merupakan versi khusus dari open source-(dan Linux-based) Chromium OS, pertama kali dirilis oleh Google pada bulan November 2009. Chromebooks memiliki tarif sewa: $ 20 dan $ 28 per bulan, masing-masing, untuk siswa dan bisnis. Laptop dari Acer dan Samsung akan harga di $ 350 – kisaran $ 500. Mereka akan menjalankan suite Google dari aplikasi dan layanan, dan akan dikelola dan diperbarui oleh Google. Inilah Nicholas G. Carr (dalam The Big Switch) menyebut “utilitas” komputasi, dan itu alasan lain mengapa pencarian untuk “linux” akan terus turun sementara menggunakan Linux untuk naik. Departemen TI akan memiliki kurang untuk melakukan.

Beberapa fakta menarik lainnya yang perlu diperhatikan. Untuk “linux” pencarian:

*

Sepuluh daerah tidak termasuk AS. Ketujuh atas semua di Asia.
*

Lima besar kota-kota di China, Taiwan, Jepang dan India.
*

Bahasa Inggris jatuh kesembilan di antara sepuluh bahasa atas. Ceko adalah pertama, diikuti oleh Rusia, Cina, Jepang dan Indonesia. Bahkan Finish dan Hungaria lebih beruntung dari bahasa Inggris.

Untuk “android” pencarian:

*

Empat tim teratas semua daerah di Asia. Agar mereka Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan dan Singapura. Swedia adalah berikutnya. AS ketujuh.
*

Di antara kota-kota atas, AS mendapat tiga dari sepuluh. Atlanta adalah kelima, Los Angeles ketujuh, dan New York adalah kesembilan.
*

Bahasa-bahasa top Korea, Indonesia, Swedia dan Inggris, dalam urutan itu.

Pergi ke Google Trends untuk melihat bagaimana hal-hal yang berubah sekarang (yaitu, setiap kali Anda membaca ini). Apa yang akan Anda lihat adalah bukan cerita penurunan Linux di dunia. Sukses didirikan. Semua bahwa perubahan adalah versi kesuksesan itu. Dan angka itu akan naik juga.

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s