Tips dan cara membeli komputer bekas

Membeli komputer bekas tidak semudah membeli komputer baru. Banyak pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum anda benar-benar membelinya, karena komputer bekas terkadang tidak bisa menjamin dalam hal daya tahan dan performanya. Ketika kita membeli komputer bekas kita harus jeli terhadap komponen-komponen didalamya, bagaimana spesifikasinya serta bagaimana kinerja dari komputer bekas tersebut. Oleh karena itu, berikut ini sobatpc.com akan sedikit sharing mengenai tips dalam membeli komputer bekas agar anda tidak salah pilih.

Tips pertama yang harus anda perhatikan saat membeli komputer dan accessories komputer adalah jangan membeli prosesor kelas celeron yang harganya jauh lebih murah, kecuali anda sangat sensitif terhadap selisih harga. Lebih baik anda membeli prosesor generasi lebih baru seperti pentium 4 hyper-threading (ht), pentium d, dual core atau core 2 duo

Tips kedua, beli harddisk komputer berjenis sata ii. Alasannya, harddisk jenis ini kecepatan baca tulisnya sudah lebih cepat (teoritisnya 300mb/detik) dan harganya malah lebih murah dibandingkan harddisk berjenis pata (harddisk model lama).

Tips ketiga, jangan membeli harddisk ukuran 80 gb. Sudah lebih bijak kalau kita membeli harddisk ukuran 160 gb saja karena selisih harganya tipis, sekitar rp 50.000 – rp 80.000. Lihat aksesoris komputer online dan toko aksesoris komputer.

Tips keempat, beli memori komputer yang sudah ddr2. Oleh sebab itu, pastikan motherboard yang kita beli sudah mendukung memori jenis ini. Selain kemampuannya sudah lebih baik, memori versi lama seperti sdram dan ddr harganya malah lebih mahal (toko komputer).

Tips kelima, jangan malas bertanya. Tanyakan ke toko accessories komputer sejauh mana layanan mereka kalau komputer bermasalah, lama garansi, catat alamat dan nomor telepon toko accessories komputer murah tersebut. Ada baiknya, kita membeli accessories komputer murah langsung ke toko penjual maupun toko accessories komputer.

Namun satu hal yang harus menjadi catatan yang harus kita ingat adalah, cek licensi Operating Sistem serta Software yang tertanam di dalamnya. Jangan sampai kita membeli sebuah komputer yang harganya murah cuma berisi software bajakan. Ada baiknya mempertimbangkan tentang penggunaan Sistem Operasi seperti Linux, atau belilah Windows Asli yang kemudian kita tanamkan software-software free atau opensource yang saat ini banyak terdapat di internet dan sudah teruji ketangguhannya. Jadi, selamat berbelanja….

sumber : http://warih.web.id/tips-membeli-komputer-bekas/

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s