Ubuntu Lebih Baik dari Android

Jakarta – Cukup mengejutkan saat Canonical memperkenalkan Ubuntu untuk smartphone. Dengan berbagai fitur yang dibawanya, sistem operasi ini pun digadang-gadang mampu mengalahkan Android dan iOS.

Canonical tengah fokus mengembangkan dua varian baru Ubuntu. Pertama, Ubuntu for Android yang bisa mengubah ponsel Android sebagai komputer berbasis Ubuntu saat dimasukkan ke dalam dock khusus. Kedua, Ubuntu yang merupakan sistem operasi tunggal untuk smartphone. Versi yang kedua ini mutlak tidak membutuhkan Android.

Sistem operasi di smartphone saat ini memang masih didominasi Android, diikuti oleh iOS, BlackBerry, dan Windows Phone yang perlahan merangkak naik. Semua menawarkan fitur yang diklaim tidak ada di pesaingnya. Lalu bagaimana dengan Ubuntu?

Mark Shuttleworth, pendiri Canonical mengklaim bahwa Ubuntu punya interface yang lebih bersahabat dari seluruh sistem operasi ponsel saat ini. Melalui sebuah video ia memamerkan bagaimana mudahnya pengguna mengakses aplikasi favorit, mencari file, bernavigasi, hingga sistem notifikasi yang sederhana namun informatif.

“Dibanding Android kami punya dua keunggulan, interface yang lebih sederhana dan user experience yang lebih baik di smartphone low end,” klaim Shuttleworth.

Ubuntu dan Android memang terlihat cukup menjanjikan, karena kedua sistem operasi itu memiliki ‘nenek moyang’ yang sama, dan sifat open source yang masih dipertahankan. Oleh sebab itu Shuttleworth tak takut ancaman sistem operasi lain yang berbeda pandangan seperti BlackBerry dan Windows Phone.

“Keduanya punya ekosistem yang tertutup,” tambah Shuttleworth, seperti dikutip detikINET dari Arstechnica, Kamis (3/1/2013).

Meski begitu percaya diri namun Shuttleworth juga tak menampik ancaman dari sistem operasi lain seperti iOS, dan tidak sistem operasi baru seperti Tizen, WebOS, dan Firefox OS.

“Ubuntu lebih unik, karena menawarkan konvergensi di smartphone dan desktop,” tambah penggiat open source tersebut.

Soal kekayaan aplikasi Ubuntu juga percaya bahwa toko aplikasi mereka yang bernama Ubuntu Software Centre mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Ubuntu untuk smartphone memang secara resmi sudah dikumandangkan, namun ponsel yang menggunakan sistem operasi ini diprediksi baru ada di penguhujung 2013 atau awal 2014.

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s