Memilih Power Supply yang Bagus

Power supply unit (PSU) adalah salah satu dari komponen komputer yang akan mempengaruhi kinerja dan keandalan seluruh sistem Anda. Komponen ini banyak orang yang tidak mengerti dan kurang dihargai dalam perangkat apapun, padahal bila rusak maka system anda tidak dapat digunakan.

Artikel ini berfokus pada faktor-faktor yang harus di cari ketika membeli PSU untuk komputer pribadi, tetapi dapat diterapkan untuk setiap aplikasi yang membutuhkan pemakaian daya pada komputer anda. Dengan mengikuti panduan ini, anda dapat mempertimbangkan penggunaan aplikasi Anda sendiri, gunakan aplikasi yang tepat yang sesuai dengan PSU yang anda gunakan dan juga untuk memilih PSU yang cocok anda gunakan untuk aplikasi anda.

Ada beberapa kriteria memilih Power Supply antara lain

1. Tentukan besar daya (watt) yang Anda butuhkan. Gunakan kalkulator PSU Online  atau perangkat lunak untuk membantu menentukan kebutuhan daya pada komputer Anda. Atau lebih baik adalah untuk mencari review dari sebuah sistem serupa yang mengukur konsumsi daya. Sebagai patokan PSU untuk system komputer anda, kalikan dengan efisiensi power supply sistem review tersebut untuk mendapatkan output daya. Jangan membeli PSU yang dayanya pas dengan kebutuhan Anda kecuali jika Anda berencana untuk tidak meng-upgrade sistem anda, anda harus membeli PSU diatas daya yang dibutuhkan oleh komputer anda. Juga, Usia PSU, dimana PSU akan kehilangan daya dari waktu ke waktu.

2. Periksa konektor yang anda butuhkan. PSU baru menyediakan konektor 24-pin ATX yang berfungsi sebagai konektor 20-pin. Biasanya, sebagian besar Motherboard Pentium 4 dan Athlon 64 CPU (dan sebelumnya) akan membutuhkan 20-pin konektor ATX, sedangkan motherboard baru memerlukan 24-pin konektor ATX. PSU juga memberikan pin 4-a dan 8-pin konektor 12V tambahan untuk motherboard, dan hanya PSU yang baru memiliki satu atau lebih 6-pin konektor PCI-E untuk kartu video.

3. Carilah PSUs dengan efisiensi dengan peringkat tinggi. Dan harus dinilai melalui temperatur beban, bukan suhu ruangan. PSU apa saja dengan kondisi 80% keatas adalah kualitas baik. Pada nilai 83%, sekitar 17% dari watt hilang berubah menjadi panas. Oleh karena itu, PSU yang yang berukuran 500W, sebenarnya ukurannya hampir mencapai 600W. Sebuah PSU yang berusia 1 tahun kemungkinan besar tidak mampu menghasilkan energi yang sama seperti saat anda membeli yang baru.

4. Tentukan ketahanan dari PSU. Seberapa baik PSU menangani perubahan dalam arus? Meskipun bukan jaminan, ada korelasi kuat antara berat dan kualitas: komponen lebih besar (yaitu, kapasitor) lebih toleran/PSU handal. Ini adalah salah satu hal yang terjelek pada sebuah kipas 120mm karena tidak dkiberikan pendinginan yang baik, komponen yang akan didinginkan harus lebih kuat dikemas. Jika Anda tidak peduli terhadap kebisingan kipas, kipas pendingin 80mm dapat anda pasang di bagian belakang PSU mungkin akan menawarkan nilai yang lebih baik.

5. Periksa jumlah Rel (Fuse). Sama seperti kotak sekering rumah Anda mencakup sebuah pemutus utama besar dan pemutus sirkuit yang lebih kecil per sirkuit untuk memastikan lebih kecil-cabang kabel rangkaian tidak terlalu panas, PSU berkapasitas tinggi membagi output mereka menjadi beberapa “rel” masing-masing dengan batas arus yang lebih kecil . Standar keselamatan yang relevan memerlukan batas 20A, mengingat bahwa kabel yang lebih kecil dari yang digunakan di rumah Anda untuk arus 15A. (. Tapi ada keuntungan bahwa kabel tidak tersembunyi, sehingga dapat didinginkan, dan Anda akan mencium bau jika kabel terbakar), bagaimanapun, membuat menghubungkan PSU yang lebih kompleks, selain tidak overloading secara keseluruhan. Sebuah desain PSU dengan rel tunggal tidak merupakan tanda dari PSU berkualitas rendah.

6. Dapatkan PSU modular. Ini akan membantu menghilangkan kabel ekstra untuk digunakan pada fan pendinginan. Abaikan klaim oleh Power PC & Cooling bahwa kabel modular membuat lebih tahan korosi akibat kontak dengan mengabaikan penambahan tahanan.

7. Bandingkan ampere tegangan masing-masing. Peringkat watt Sebuah PSU tidak kondusif untuk menentukan ampere pada setiap tegangan tertentu. Semua PSU memiliki stiker dengan amper mereka dinilai pada setiap tingkat tegangan. Informasi ini harus diberikan ketika membeli sebuah PSU dari vendor online dan terlihat di kotak ritel unit. Sebagaimana disebutkan di atas, komputer modern 12V. Sebuah PSU 500W mungkin terdengar cukup, tetapi jika arus listrik 12V rendah atau kurang (12V x 25A adalah 300W), tidak mungkin mendapatkan kekuatan komputer modern.

Tips

Diskon Peringkat inflasi. Pasokan listrik Komputer sangat rumit, karena telah ada pergeseran dalam persyaratan sejak tahun 1990. Kartu Video 3d bertenaga tinggi dan motherboard dengan konektor 4-pin “P4″ untuk memasok daya prosesor, menggunakan banyak daya +12 V, yang hanya merupakan sebagian kecil dari kapasitas output dari pasokan listrik yang lebih lama. Untuk memastikan kinerja yang handal, pembuat kartu grafis 3D merekomendasikan menggunakan PSU dengan standard yang tinggi. Sebagai contoh, pasokan 600W untuk memastikan 300W +12 V. dari nilai-sadar kekuatan produsen, pada gilirannya, menghasilkan pasokan berlabel “600W” yang dapat menghasilkan 300W dari 12 V, tetapi tidak lebih dari itu, mengetahui pelanggan mereka tidak akan pernah benar-benar menggunakan banyak daya. Pasokan listrik modern semua “12V” dengan cara ini, mampu menghasilkan sebagian besar dari total output mereka dalam bentuk 12V, namun peringkat produsen terlalu optimis masih umum di antara pasokan listrik lebih murah; PSU yang ada banyak dengan kasus sangat rentan terhadap hal ini. Beberapa perangkat lunak PSU diperhitungkan akan mencakup “faktor fudge” yang cukup untuk memungkinkan terjadinya kerusakan komponen komputer.

Produk umum seperti Rosewill (merek rumah Newegg.com), menawarkan harga tinggi, tapi kinerja dan kehandalan sangat baik. Merek seperti ini adalah pilihan yang baik untuk low-end yang menggunakan komputer dengan daya minimal, tapi kadang pengguna sering berlebihan menggunakan aplikasi mereka melebihi daya dari power supply mereka sehingga walaupun PSU handal tidak akan tahan lama.unggal adalah kualitas yang sama, dan ini adalah rata-rata untuk rentang seluruh model merek, bukan hanya model tertentu.

Daftar ini mungkin dapatn membantu anda untuk memilih PSU.

  1. Top Quality (berdasarkan kemampuan listrik): Seasonic, Zippy, Silverstone, ENERMAX, Antec, Acbel, akasa, AMS, Channel Nah, Corsair, Delta, Etasis, Zalman.
  2. Kualitas Rendah (berdasarkan tingkat RMA dan aplikasi yang dimaksud nilai-baris komputer): A-TOP, Aerocool, APEX, Apevia (Aspire), Asus, ATADC, Athena Power, ATRIX, Broadway, Casecom, Rusa, Diablotek, Dynapower, EagleTech , Tingkatkan, Enlight, E-Power, FOXCONN, Futurepower, I-Star, In-Win, JPAC, Hanya PC, Kingwin, Linkworld, Lite-On, Logisys, Masscool, MGE, MSI, NMEDIAPC, Norwood Mikro, NorthQ, Powmax , Q-Tec, SFC, Sintek, Antar-Jemput, Skyhawk, Spire, Bintang Mikro, STARTECH, TTGI, WinTech, Xion, YoungYear, Zebronics.
  3. Sengketa Merek (dianggap berkualitas baik, tetapi perlu direferensikan review atau artikel, atau mereka dengan kualitas yang dipersengketakan, atau berbagai kualitas model yang berbeda): ABS / Tagan, BFG Tech, Coolermaster, Coolmax, FSP, Hiper, HIPRO, Mushkin, OCZ, PC Power & Cooling, NZXT, Raidmax / Sigma, Rosewill, Scythe, Sunbeam / Tuniq, Topower, Ultra, XClio, Xigmatek, Thermaltake.

Peringatan

Pernah menguji power supply dengan suatu penjepit kertas. Ini adalah sangat berbahaya.

  • Jangan membuka power supply. Sebuah catu daya berisi kapasitor yang menyimpan energi listrik walaupun komputer dimatikan; debit ini serius bisa melukai pengguna.
  • Periksa garansi. Bandingkan jaminan masing-masing produsen, kebijakan kembali, dan layanan pelanggan sejarah. Ada beberapa produsen PSU yang merilis produk-produk besar dengan dukungan yang mengerikan, dan sebaliknya.
  • Volume tinggi, kualitas rendah produsen sering membeli desain dari perusahaan lain untuk digunakan dalam produk mereka sendiri. Desain ini ‘karbon-copy’ seringkali berkualitas rendah. Pada gilirannya, mereka melepaskan karbon-salinan produk mereka dengan tambahan lonceng-dan-peluit dan ‘label’ perusahaan yang berbeda untuk menarik pelanggan. Mereka bahkan mungkin biaya premium untuk fitur tambahan. Jika Anda serius tentang pembelian PSU yang handal, hanya membeli satu dari produsen yang mendesain sebagian besar unit mereka. Contoh yang baik adalah Seasonic dan Power PC & Cooling.
  • Produsen PSU dan distributor tidak memiliki kewajiban untuk setiap standar watt rating. Banyak PSUs ‘nilai’ tidak mungkin benar-benar output watt yang mereka klaim di bawah kondisi dunia nyata. Itu mungkin bagi ‘nilai’ yang 500W PSU untuk menghasilkan daya kurang dari kualitas PSU 350W dijual. Jadi, ‘upgrade’ PSU tetapi memilih model low-end, sebenarnya bisa downgrade!

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s